Cara Mengatasi Mood Yang Berantakan

Jika Anda sedang mengalami hari yang buruk, ada banyak mood booster yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk memperbaiki mood Anda dengan cepat. Meski tampak ringan, perubahan suasana hati yang sulit dikendalikan dan tidak diobati dapat menyebabkan stres, bahkan depresi.

Suasana hati yang buruk bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari stres kerja, patah hati, atau bahkan hal-hal kecil yang membuat Anda merasa tidak enak. Nah, saat suasana hati sedang kacau, tubuh melepaskan berbagai zat kimia dan hormon stres ke otak yang berdampak pada kesehatan.

TRENDING :  5 Tips Ampuh Menjalani Hubungan Jarak Jauh
TRENDING :  ETIKA...!!!

Untuk mengatasinya, Anda perlu memperkuat mood untuk memperbaiki mood dan mencegah depresi. Jika mood Anda membaik, aktivitas yang Anda lakukan akan terasa lebih menyenangkan dan tentunya akan berdampak pada produktivitas.

Ada banyak tips hidup bahagia yang dapat membantu Anda meningkatkan suasana hati dengan cepat, antara lain :

1. Berolahraga secara teratur

Banyak orang melakukan olahraga untuk meningkatkan mood dan menghilangkan beban pikiran. Olahraga diketahui dapat membantu otak memproduksi endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan mood Anda.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, dianjurkan untuk berolahraga secara rutin minimal 150 menit setiap minggunya.

2. Makan makanan tertentu

Ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan mood antara lain:

– Oatmeal, karena memiliki indeks glikemik rendah, dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil hingga suasana hati membaik.
– Ikan, karena mengandung omega-3 yang dapat meningkatkan kinerja otak untuk mengatasi gangguan mood dan depresi.
– Pisang, karena dapat meningkatkan produksi hormon serotonin, yang dapat meningkatkan mood dan mengatasi depresi.
– Cokelat hitam, karena dapat mengurangi kecemasan dan mengurangi produksi hormon stres. Metode ini disebut meditasi cokelat.

3. Meditasi

Meditasi dipercaya dapat memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya ingat, serta mengurangi stres dan kecemasan. Ada berbagai jenis meditasi yang dapat Anda lakukan, seperti meditasi terfokus, meditasi kundalini, dan meditasi kesadaran. Anda dapat melakukan ini selama 10-20 menit setiap hari.

4. Dengarkan musik

Musik dapat digunakan sebagai terapi relaksasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan mood. Musik sering digunakan sebagai terapi untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan gangguan emosi.

5. Tidur siang

Mengantuk dan menumpuknya pekerjaan bisa menjadi salah satu penyebab bad mood. Untuk mengatasinya, cobalah untuk tidur siang sebentar. Tidur siang diketahui dapat meningkatkan mood, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi rasa kantuk di tempat kerja.

6. Bermain dengan hewan peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda dapat bermain dengannya untuk meningkatkan mood. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bermain dengan hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, dapat melepaskan hormon serotonin dan dopamin, membuat Anda lebih tenang dan rileks.

7. Berinteraksi dengan orang lain

Mood booster ini sangat mudah. Saat suasana hati sedang buruk, luangkan waktu untuk curhat dengan teman dekat atau keluarga. Mengekspresikan perasaan Anda dan bersosialisasi dengan orang lain adalah cara yang efektif untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Selain beberapa mood booster yang disebutkan di atas, Anda bisa melakukan hal lain untuk meningkatkan mood, seperti merapikan meja, menggunakan buku mewarnai dewasa, membersihkan rumah, atau mengubah dekorasi rumah dengan memberi warna dan nuansa baru. .

Ingat, jangan biarkan bad mood memengaruhi produktivitas harian Anda. Coba praktikkan rangkaian mood enhancer di atas dan awali hari Anda dengan berpikir positif.

Jika Anda tidak dapat menemukan mood booster atau mengalami perubahan suasana hati yang tidak terkendali, merasa tertekan, atau bahkan merasa perlu melukai diri sendiri, segera temui psikiater. Nantinya, psikiater akan menentukan pengobatan sesuai dengan gangguan mood yang Anda miliki.

Leave a Comment