Teknik Dan Tips Cara Membuat Soryboard , Yuk Simak !

kelasadsense.comCara Membuat Soryboard , Storytelling adalah cara yang kuat untuk menyampaikan pesan, menceritakan cerita, atau menjelaskan konsep yang kompleks. Bagi pembuat film, animator, pembuat video, atau bahkan presenter, storyboard adalah alat yang sangat penting dalam merencanakan dan menyusun cerita atau proyek multimedia. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu storyboard, mengapa penting, dan langkah-langkah untuk membuatnya dengan baik.

Tentang Cara Membuat Soryboard

cara membuat storyboard

Storyboard adalah serangkaian gambar atau ilustrasi yang disusun secara berurutan untuk menceritakan cerita, menggambarkan adegan, atau menjelaskan sekuens visual dalam sebuah proyek kreatif seperti film, video, animasi, komik, iklan, atau presentasi. Tujuannya adalah untuk merencanakan dan mengkomunikasikan ide-ide secara visual sebelum produksi sebenarnya dimulai.

Dengan kata lain, storyboard adalah panduan visual yang memungkinkan pembuat proyek untuk mengatur pemotretan, adegan, dan peristiwa secara sistematis. mari kita jelaskan langkah-langkah membuat storyboard

1. Rencanakan Ide Anda

Cara Membuat Soryboard , Sebelum Anda mulai membuat storyboard, Anda perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang cerita atau proyek yang ingin Anda sampaikan. Ini melibatkan beberapa langkah.

Tentukan Cerita atau Pesan. Ketahui cerita atau pesan utama yang ingin Anda sampaikan melalui storyboard Anda. Apakah ini sebuah cerita naratif, penjelasan konsep, atau presentasi produk?

TRENDING :  Cara Merubah Password Wifi , Panduan Lengkap !

Karaktersistik. Identifikasi karakter-karakter utama jika ada, serta karakteristik dan peran mereka dalam cerita.

Adegan Utama. Pilih adegan utama yang akan disertakan dalam storyboard Anda. Pastikan untuk memasukkan momen-momen kunci yang penting untuk memahami cerita.

Flow Cerita. Buat rencana alur cerita. Bagaimana setiap adegan berhubungan satu sama lain? Bagaimana Anda ingin cerita ini berkembang?

2. Tentukan Format Storyboard Anda

Anda memiliki beberapa pilihan untuk format storyboard Anda.

Kertas. Anda dapat menggunakan kertas dan pensil untuk menggambar storyboard secara manual. Ini adalah cara tradisional dan mudah digunakan.

Software Khusus. Ada banyak perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membuat storyboard, seperti Adobe Storyboard Pro, Storyboard That, atau Toon Boom Storyboard Pro. Ini dapat mempermudah pekerjaan Anda dan memberikan fleksibilitas yang lebih besar.

Aplikasi Ponsel. Beberapa aplikasi ponsel juga tersedia untuk membuat storyboard dengan cepat. Ini bisa sangat berguna jika Anda perlu membuat storyboard secara instan.

Pilih format yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

3. Bagi Layar Menjadi Frame

Setelah Anda memilih format storyboard, langkah berikutnya adalah membagi layar atau kertas menjadi frame-frame yang akan digunakan untuk menggambar adegan. Frame-frame ini akan menjadi tempat Anda menggambar setiap adegan atau gambar dalam cerita Anda. Anda dapat menggambar frame secara manual jika menggunakan kertas atau menggunakan alat yang disediakan oleh perangkat lunak jika Anda membuat storyboard secara digital.

TRENDING :  Cara Buat Kuis Di Google Form , Inovasi Dalam Evaluasi

4. Gambarkan Sketsa Kasar

Sekarang saatnya mulai menggambar adegan. Ingatlah bahwa ini adalah sketsa kasar, bukan ilustrasi final. Fokus pada komposisi, posisi karakter, ekspresi wajah, dan elemen visual utama dalam adegan. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu pada detail, tetapi pastikan sketsa Anda cukup jelas untuk mengkomunikasikan apa yang akan terjadi dalam adegan tersebut.

5. Tambahkan Deskripsi

Di bawah setiap sketsa, tambahkan deskripsi singkat tentang apa yang terjadi dalam adegan tersebut. Deskripsi ini membantu orang lain memahami adegan tanpa harus mengandalkan interpretasi visual sepenuhnya. Deskripsi harus singkat dan jelas.

6. Tentukan Waktu dan Durasi

Jika proyek Anda melibatkan video atau animasi, tentukan estimasi waktu untuk setiap bingkai atau adegan. Ini akan membantu dalam perencanaan editing dan pengaturan waktu. Anda bisa menambahkan tanda waktu atau keterangan waktu pada setiap frame jika perlu.

TRENDING :  Cara Download Aplikasi Versi Lama Untuk Android Dan iOS

7. Review dan Koreksi

Cara Membuat Soryboard  , Setelah selesai membuat storyboard awal, luangkan waktu untuk meninjau semua adegan dan deskripsi dengan seksama. Pastikan cerita Anda mengalir dengan baik dan semua detail penting tersedia.

8. Kolaborasi dan Masukan

Jika Anda bekerja dalam tim, bagikan storyboard Anda dan minta masukan dari anggota tim. Mereka dapat memberikan wawasan berharga dan saran perbaikan.

9. Finalisasi Storyboard

Setelah mempertimbangkan masukan dan perubahan yang diperlukan, buat versi final storyboard Anda. Pastikan semuanya terlihat profesional dan mudah dimengerti.

10. Lanjutkan dengan Produksi

Dengan storyboard yang sudah jadi, Anda siap untuk memulai produksi sesuai rencana yang telah Anda buat.

Kesimpulan

Storyboard adalah alat yang penting dalam merencanakan dan menyusun proyek multimedia. Dengan mengikuti langkah-langkah Cara Membuat Soryboard , Anda dapat membuat storyboard yang efektif untuk membantu Anda merencanakan dan mengkomunikasikan ide Anda dengan lebih baik. Ingatlah bahwa storyboard adalah alat kreatif, jadi jangan ragu untuk bermain-main dengan ide dan eksperimen dengan konsep yang berbeda. Selamat berkarya!