Cara Cepat Menghilangkan Sakit pinggang

Nyeri di punggung bawah, atau di satu sisi pinggang atau keduanya, adalah gejala nyeri punggung bawah, yang bisa serius jika diabaikan. Banyak yang bertanya-tanya, apa penyebab sakit pinggang? Jadi apa solusinya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, dilansir dari laman Alodok Health, mengungkapkan bahwa sakit pinggang seringkali disebabkan oleh postur tubuh yang salah, cedera otot, mengangkat benda berat, dan melakukan gerakan berulang.

Tidak hanya itu, penyebab lain bisa terjadi karena gangguan pada organ ginjal, infeksi, atau masalah pada tulang belakang. Dilihat dari webmd.com, ada beberapa gejala nyeri punggung bawah yang sering terjadi, seperti berikut ini.

Anda merasakan nyeri yang menjalar dari pinggang ke bokong hingga kaki. Pinggang seperti ditusuk, melepuh, dan kaku. Rasa sakit yang meningkat jika Anda duduk untuk waktu yang lama atau di malam hari. Ada bagian tubuh yang sulit digerakkan karena sakit pinggang. Rasa sakit sering lebih buruk di malam hari dan ketika duduk untuk waktu yang lama. Sakit pinggang, terutama saat mengangkat benda berat, berjalan dan membungkuk. Mati rasa atau kelemahan pada ekstremitas di lokasi saraf terjepit.

TRENDING :  Makanan yang di Hindari Penderita Wasir, Makanan yang di Anjurkan Bagi Penderita Wasir
TRENDING :  Cara Cepat Menurunkan Gula Darah

Pada gejala ringan, pasien mengalami nyeri yang hanya berlangsung beberapa hari atau dalam beberapa minggu. Namun, dalam beberapa kasus ada yang merasa lebih dari tiga bulan. Secara umum, pasien dengan gejala yang lebih parah dapat mengalami kesulitan buang air kecil, buang air besar, mati rasa, dan kesulitan berjalan. Jika Anda mengalami hal seperti ini, sebaiknya segera hubungi dokter.

Sakit pinggang masih bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti berikut ini.

1. Ketekunan dalam beraktivitas

Olahraga teratur dapat mencegah dan mengurangi nyeri punggung. Cukup lakukan olahraga rutin minimal 20 menit setiap hari, karena dapat membantu meningkatkan kesehatan sejak dini. Namun, pada tahap awal, hindari memaksakan diri secara langsung dengan memaksakan diri pada tahap awal, yang penting membiasakan tubuh terlebih dahulu di minggu pertama, kemudian di minggu kedua lalu mulailah latihan yang intens.

Anda dapat melakukan berbagai jenis olahraga, mulai dari olahraga ringan seperti yoga, berenang, atau Pilates hingga bersepeda. Jika sudah terbiasa, Anda bisa mengombinasikannya dengan jenis olahraga yang lebih intens. Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat mengatasi sakit punggung, tetapi juga membuat tubuh lebih sehat, menghilangkan lemak tubuh yang membandel, dan membantu memperkuat otot pinggang.

TRENDING :  Cara Cepat Mengatasi Asam Urat

2. Kurangi beban angkat

Faktor lain yang membuat Anda menderita nyeri punggung bawah adalah kebiasaan mengangkat beban yang berlebihan. Hindari mengangkat beban berlebihan, terutama jika melebihi kapasitas yang disarankan. Selain itu, perhatikan posisi angkat besi yang benar. Triknya adalah jongkok dulu, bukan membungkuk.

3. Menjaga berat badan ideal

Untuk mencegah tekanan berlebihan pada tulang belakang, cobalah makan makanan seimbang dalam jumlah yang cukup. Tanpa disadari, kelebihan berat badan menjadi salah satu pemicu rasa sakit.

4. Makan jumlah kalsium dan vitamin

Kurangnya pola makan yang sehat mungkin menjadi alasan lain mengapa Anda masih merasakan sakit di pinggang. Pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D secara teratur, yang dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Beberapa jenis makanan alami mengandung kalsium dan vitamin D, antara lain telur, almond, yogurt, susu, dan brokoli.

5. tekanan pinggang

Untuk mengurangi peradangan dan nyeri punggung secara efektif, Anda dapat mengompres nyeri punggung. Campurkan kompres dingin dan panas secara bergantian, terutama saat gejala awal muncul di minggu pertama.

6. Hindari berbohong dalam waktu lama

Bagi banyak orang, berbaring di tempat tidur mendominasi aktivitas sehari-hari mereka. Jika Anda salah satunya, usahakan untuk lebih banyak bergerak agar tidak membuat otot kaku. Namun, jika sakit punggung memburuk, Ruppers dapat berbaring sebentar.

7. Peregangan

Tahukah Anda bahwa penyebab nyeri yang terjadi adalah karena ketegangan otot. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan latihan peregangan secara teratur. Namun, hindari memaksakan diri saat melakukan peregangan. Lakukan saja secara perlahan.

8. Pola makan yang sehat

Cara mengatasi sakit pinggang selanjutnya adalah dengan menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Seringkali penyebabnya, peningkatan berat badan, adalah penyebab utama rasa sakit. Namun, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat, ya!

9. Makan buah

Berdasarkan Everyday Health, ahli diet asal AS Dana Geene, MS, RD, LDN, mengatakan makan buah dan sayur bisa membantu mengatasi sakit punggung. Hal ini dikarenakan adanya zat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada sendi dan otot manusia.

Lalu makanan apa saja yang bisa mengobati sakit pinggang? Anda bisa makan ceri, pisang, delima, nanas, dan anggur merah.