Cara Cepat Menghilangkan Gatal-gatal Pada Kulit

Kulit gatal adalah kondisi umum terutama pada orang tua. Cara mengatasi gatal pada kulit bisa dilakukan dengan mandi dan mengoleskan pelembab, hingga penggunaan obat-obatan dari dokter.

Gatal bisa terjadi di satu area kulit atau bahkan di seluruh tubuh. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kulit kering, alergi, infeksi, gigitan serangga, kudis, kudis, psoriasis, atau dermatitis atopik.

Berbagai cara untuk mengatasi kulit gatal

Selain itu, kulit gatal juga bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti anemia, penyakit ginjal, diabetes, atau penyakit hati. Kulit gatal bisa hilang dengan sendirinya atau hilang dengan pengobatan rumahan. Namun, gatal-gatal yang mengganggu aktivitas sehari-hari membutuhkan penanganan dari dokter.

Cara mengatasi kulit gatal di rumah

Umumnya, rasa gatal pada kulit akan membaik dalam waktu 2-6 minggu. Namun keluhan ini masih perlu ditanggulangi, apalagi jika sudah berlangsung lama dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

TRENDING :  Cara Cepat Menghilangkan Bekas Luka

Berikut cara mengatasi kulit gatal dengan cepat yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Kompres dingin

Anda bisa mengoleskan kompres dingin pada area yang gatal selama kurang lebih 10 menit atau sampai rasa gatalnya hilang. Suhu dingin dapat mengiritasi saraf Anda dan mengalihkannya dari rasa gatal.

2. Rendam dengan oatmeal

Oatmeal mampu membentuk penghalang kulit, mengurangi peradangan, dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Oleh karena itu, berendam dalam oatmeal bisa menjadi salah satu cara mengatasi gatal pada kulit.

Jenis oatmeal yang digunakan untuk meredakan gatal adalah oatmeal koloid, bukan oatmeal yang biasa Anda makan. Anda dapat membeli atau membuat oatmeal koloid Anda sendiri.

TRENDING :  Ciri-ciri Diabetes Pada Pria dan Penyebab Nya

Berikut cara mengobati kulit gatal dengan oatmeal:

Giling oatmeal hingga menjadi bubuk halus
Siapkan air hangat di kamar mandi
Taburkan 1 cangkir oatmeal kering ke dalam bak mandi
Rendam selama 10-15 menit
Keringkan tubuh dan segera oleskan pelembab bebas pewangi ke kulit

3. Mandi dengan air ber suhu ruang

Mandi dengan air bersuhu ruangan juga bisa menjadi cara mengatasi gatal-gatal pada kulit. Kelembaban kulit dapat dijaga dengan mandi dengan air bersuhu ruangan.

4. Gunakan pelembab

Gatal juga bisa diobati dengan mengoleskan pelembap pada kulit segera setelah mandi. Produk ini dapat menjebak air pada kulit sehingga keluhan gatal tidak bertambah parah. Pilih pelembab yang lembut di kulit dan tanpa tambahan bahan pewangi.

Cara mengatasi kulit gatal dengan obat medis

Jika gatal tidak membaik dalam waktu dua minggu setelah menerapkan pengobatan rumahan untuk gatal, disarankan untuk pergi ke dokter kulit.

Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui penyebab gatal dan memberikan pengobatan yang tepat. Berikut beberapa cara mengatasi kulit gatal yang direkomendasikan oleh dokter:

– Berikan obat oral

Ada beberapa jenis obat oral yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai penyebab kulit gatal, antara lain antihistamin, antijamur, antibiotik, antidepresan, dan antiparasit.

– Berikan obat topikal

Selain obat oral, dokter kulit juga dapat meresepkan obat topikal. Obat topikal ini bisa berupa krim antijamur, krim antidepresan, krim permetrin, krim seng oksida, dan krim mati rasa.

Selain cara mengatasi gatal pada kulit di atas, ada juga berbagai cara mencegah gatal pada kulit yang bisa Anda lakukan, yaitu:

– Hindari mandi dengan banyak air panas
– Gunakan produk perawatan kulit bebas pewangi
– Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan yang lembut
– Kelola stres dengan baik

Jika cara mengatasi gatal pada kulit di atas tidak bisa mengatasi keluhan gatal Anda, maka segeralah pergi ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Demikian pula jika gatalnya parah, terjadi di seluruh tubuh, dan disertai dengan penurunan berat badan yang parah atau keringat malam.