Komedian Nunung Srimulat Meninggal : Ini yang Terjadi Sebenarnya.., Olx

Baru-baru ini, muncul berita di Facebook dan diposting di beberapa akun YouTube, yang mengabarkan bahwa komedian Nunung Srimulat meninggal karena kecelakaan. Dalam sebuah artikel yang tajuknya berbunyi, “Kita milik Tuhan dan kepada Tuhan kita berharap. Kabar duka meninggalnya Nunung Srimulat di Jalur Tol Solo Ngawi akibat kecelakaan maut, berikut penjelasannya.”

Dalam artikel tersebut, terpampang sebuah foto Nunung Srimulat dengan judul artikel “Innalillahi, komedian Nunung telah meninggal?”

Apakah berita itu benar?

Berdasarkan penelusuran ke chanel berita Turnbackhoax.id, situs yang bekerja sama dengan Suara.com, kabar meninggalnya Nunung Srimulat dalam kecelakaan di Tol Solo-Ngawi tidak benar, salah, atau HOAX.

TRENDING :  Wanita Wajib Tau...!!!

Pasalnya, bukan komedian Nunung yang tewas dalam kecelakaan tersebut. Postingan artikel yang disertakan dalam unduhan berisi berita tentang insiden Ketua DPC Partai Gerindra, Nunung Sugiantoro. Komedian Nunung sendiri masih membintangi ‘Ini Talkshow’ dan hadir di salah satu episode yang tayang langsung pada 24 April 2022.

Artikel dengan tema serupa juga beredar pada Februari 2022. Sebuah artikel tentang topik seperti ini dimuat di turnbackhoax.id berjudul “Nunung Meninggal, Setelah Kecelakaan Maut” yang diunggah pada 25 Februari 2022.

Kabar serupa juga dibagikan oleh akun YouTube Celebrity Gallery dengan video berdurasi 4 menit 35 detik. Akun ini mengunggah video berjudul “Innalillahi wa Innailaihi Roji’un, Meninggalnya Nunung, Setelah Kecelakaan Maut”.

Pada detik ke 49, narasi yang digambarkan adalah komedian Nunung mengalami kecelakaan di kilometer 542 Jalan Solo-Ngawi. Dikatakan juga bahwa Nunung meninggal di tempat kejadian. Pengemudi mobil dikabarkan mengalami patah kaki kanan. Akun ini juga menginformasikan bahwa para penumpang dan korban meninngal sudah di evakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah, RSUD Sragen.

TRENDING :  Cara Mengatasi Mood Yang Berantakan

Narasi yang di bangun dalam artikel ini adalah sebagai berikut:

“Mobilnya rusak parah, terutama di sisi kiri,”
Korban meninggal di tempat dan jenazahnya langsung dibawa ke RSUD Sragen. Sementara itu, pengemudi mengalami patah tulang di kaki kanannya, dan saat ini sedang dirawat di RSUD Sragen”

Belakangan ini banyak sekali judul artikel yang ditulis bertolakbelakang dngan isi artikel tersebut. Oleh sebab itu marilah kita budayakan membaca sebuah berita mulai dari judul sampai ke isi nya, tidak hanya membaca judul berita lalu menuliskan komentar di kolom komentar saja. Supaya kita terhindar dari berita yang menyesatkan dan mengabarkan berita yang belum jelas kebenaran nya kepada orang lain.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Raja Mahadir” dapat diklasifikasikan sebagai menyesatkan.