Apakah Asma Menular - Cara menyembuhkan Asma, Olx | Kelas Adsense

Apakah Asma Menular – Cara menyembuhkan Asma, Olx

Penyakit asma adalah suatu jenis kelainan berupa peradangan pada saluran pernafasan yang mengakibatkan menyempit nya saluran pernafasan ( hiperaktifitas bronkus ) sehingga menyebabkan susah nya seseorang untuk bernafas karena dada terasa berat dan kadangkala juga timbul nya batuk terutama pada suhu udara berat ( malam hari ) saat hujan, di ruangan ber AC, kipas angin, dan kondisi abnormal lain nya.

Gejala asma dapat terjadi ketika bronkus atau saluran udara meradang. Bronkus, yang merupakan tabung kecil, berperan dalam menggerakkan udara masuk dan keluar dari paru-paru. Saluran bronkial penderita asma biasanya lebih sensitif daripada orang normal, sehingga lebih rentan terhadap peradangan. Jika tidak ditangani dengan serius, asma dapat memburuk dan berujung pada kematian. Memilih racikan obat asma yang alami, kamu bisa lebih sering mengonsuminya tanpa harus khawatir akan berdampak buruk bagi tubuh. Selain ampuh, bahan-bahan alami tersebut sangat mudah kamu dapatkan di sekitar. Disekitar kita banyak terdapat obat asma tradisional paling ampuh yang bisa kamu buat sendiri di rumah dan konsumsi secara rutin.

Meskipun belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit asma secara tuntas, Anda dapat mencoba beberapa obat asma alami yang terbuat dari bahan-bahan herbal, antara lain:

1. Daun sirsak

Daun sirsak merupakan bahan alami sebagai obat tradisional lain untuk penyakit asma. Daun sirsak dikenal luas untuk mengobati berbagai penyakit. Kadar vitamin, mineral, dan zat lainnya dapat mengobati serangan asma seperti sesak napas. Sesak napas dan nyeri dada dapat disebabkan oleh debu dan kotoran yang terhirup ke dalam saluran pernapasan. Kotoran ini membuat otot pernafasan menjadi tegang sekuat tenaga dalam upaya mengeluarkan kotoran dari saluran pernafasan. Akibatnya, ukuran dada menjadi lebih kecil sehingga menyebabkan Anda mengalami sesak napas.

Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak, maka otot yang mengalami kontraksi tersebut dapat menjadi lebih rileks dan tidak lagi mengalami sesak nafas. Anda bisa membuat air rebusan daun sirsak dengan merebus 10 lembar daun sirsak hijau tua dalam 3 gelas air. Tunggu hingga airnya berkurang menjadi 1 gelas air lalu dinginkan dan saring. Air rebusan siap untuk dikonsumsi.

TRENDING :  Cancer - Cancer Medicine - Natural Cancer Medicine , How to Treat Cancer

2. Buah nanas

Bahan alami selanjutnya yang dapat mengobati penyakit asma adalah bromelain. Bromelain adalah enzim yang ditemukan dalam nanas. Buah tropis ini telah dipelajari untuk mempercepat penyembuhan luka, mencegah metastasis paru, dan mengencangkan otot yang tegang. Selain itu, nanas juga bisa mengatasi infeksi sinus. Sinusitis sendiri merupakan salah satu pemicu serangan asma. Selain enak dimakan langsung, Anda juga bisa mengubahnya menjadi jus buah untuk dinikmati nanas. Di sisi lain, nanas juga mengandung betakaroten yang sangat efektif melawan peradangan dan menangkal radikal bebas. Nanas kaya akan nutrisi, sehingga baik untuk kesehatan.

3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih dikenal efektif meredakan gejala asma seperti sesak napas karena mengandung dekongestan. Eucalyptol dalam minyak eucalyptus murni dapat melonggarkan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Ada dua cara Anda bisa menjadikan minyak kayu putih sebagai obat asma. Pertama, taruh sedikit minyak kayu putih di atas tisu dan pegang di dekat kepala Anda saat Anda tidur. Sehingga Anda menghirup aromanya saat tidur.

Kedua, panaskan air dalam panci hingga mendidih. Saat air mendidih, masukkan 2-3 tetes minyak kayu putih ke dalamnya dan hirup uapnya. Saat melakukan pengobatan ini, cobalah menarik napas dalam-dalam untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Jahe

Selain dikenal sebagai salahsatu bumbu dapur jahe juga memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh, jahe juga ampuh untuk mengobati penyakit asma. Jahe berperan menghentikan lendir pada saluran pernapasan dengan cara menangkal peradangan yang terjadi. Jahe juga sangat baik dengan madu. Selain menghasilkan rasa yang lebih enak, madu juga berperan dalam mengobati penyakit asma. Madu dapat melarutkan lendir yang ada sehingga dapat dikeluarkan. Anda bisa menghaluskan jahe dengan cara dihaluskan atau dipotong tipis-tipis lalu dicampur dengan madu. Konsumsi campuran jahe dan madu 2 sampai 3 kali sehari untuk hasil yang lebih cepat.

5. Bengkoang

Obat tradisional asma selanjutnya adalah bengkoang. Jicama mengandung mineral seperti magnesium, besi, tembaga, dan mangan, serta vitamin seperti vitamin C dan B kompleks. Bengkoang juga kaya akan beta-karoten dan quercetin, antihistamin yang dapat menghentikan produksi histamin, alergen pada asma. Bengkoang bisa dinikmati dengan mencampurkan beberapa bahan lain kemudian dibuat jus. Campurannya termasuk jus lemon, lobak, seledri, paprika merah, dan air es. Campur semua bahan dalam blender dan haluskan hingga halus. Setelah empuk, nikmati jus bengkoang untuk asma.

TRENDING :  Obat Kanker Prostat - Obat Reumatik adalah Manfaat Lain Dari Daun Jelatang, Olx

6. Asam lemak omega-3

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Australia, hal itu dapat mengurangi risiko terkena asma hingga 62 persen. Asam lemak omega-3 juga telah terbukti menghentikan peradangan tanpa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Namun, telah ditunjukkan bahwa pada pasien asma berat, asam lemak omega-3 tidak berpengaruh nyata pada pengobatan asma. Selain sebagai obat alami asma, asam lemak omega-3 juga efektif mencegah dan mengobati penyakit jantung dan depresi. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan biasanya dikemas sebagai suplemen makanan yang dapat Anda konsumsi sesuai petunjuk.

7. Kafein

Kafein memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan gejala asma. Selain itu, kafein juga mampu mengendurkan otot-otot sistem pernapasan. Efek kafein hampir identik dengan yang didapat saat mengonsumsi obat asma teofilin. Anda dapat menemukan kafein dalam kopi atau teh hitam. Karena kandungan dalam kopi atau teh, meminumnya tidak sama dengan meminum obat asma. Menyenangkan, bukan? Namun, meski memiliki efek yang baik pada penderita asma, Anda tetap harus membatasi jumlah kopi dan teh yang Anda minum per hari.

8. Daun sirih tanah  (Karuk)

Di Indonesia daun karuk belum banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, namun sering digunakan sebagai jamu atau jamu. Daun dan akarnya merupakan bagian dari tanaman karak yang biasa digunakan dalam pengobatan herbal. Bagi Anda yang belum tahu, karuk termasuk dalam keluarga buah pinang. Daun karuk mampu mengencerkan lendir, sehingga menguranginya dari saluran pernafasan. Dengan cara ini, aliran udara menjadi lebih lancar dan membuat pernapasan menjadi lebih mudah.

Sensasi menghangatkan daun karuk juga dapat menghangatkan rongga dan saluran pernapasan agar terasa nyaman. Terdapat saponin, polifenol, flavonoid, kalsium, kalium, magnesium, karoten, niasin, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C yang sebagian besar merupakan antioksidan alami. Anda bisa menumbuk 5 lembar daun karuk hingga halus, lalu tuangkan setengah gelas air panas. Minumlah air yang disaring dua kali sehari. Air hasil saringan ini efektif menghentikan sesak napas.

TRENDING :  Urut Terdekat - Urut Patah Tulang, Urut Patah Tulang Terdekat, Urut Terbaik, Urut di Sekitar Saya, Olx

9. Buah Ara

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah ara mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan pernapasan. Buah ara mampu menekan produksi dahak dan meredakan kesulitan bernapas. Obat ini menggunakan buah ara kering. Cara membuat obat tradisional asma dari buah tin adalah sebagai berikut.

Cuci 3 buah ara dan masukkan ke dalam mangkuk berisi air hangat, lalu rendam semalaman. Keesokan paginya, Anda bisa makan buah ara yang sudah direndam dan minum air rendamannya. Anda harus makan campuran ini dengan perut kosong. Jika Anda harus sarapan sesudahnya, beri waktu istirahat 10-15 menit. Dengan mengkonsumsi buah ara yang sudah direndam ini secara rutin, maka kesehatan pencernaan akan terjaga dengan baik.

10. Minyak mustard

Minyak mustard telah terbukti membersihkan sistem pernapasan dan mengembalikan ritme pernapasan menjadi normal. Oleh karena itu, minyak mustard bisa sangat membantu dalam pemulihan saat terjadi serangan asma. Merupakan ide bagus untuk memiliki campuran minyak mustard ini jika terjadi serangan asma. Panaskan 2 sendok makan minyak mustard dengan 2-3 sendok makan jeruk nipis. Jika Anda tidak menemukan jeruk nipis, Anda bisa menggantinya dengan salep oles untuk meredakan gejala batuk dan pilek. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk dan tunggu hingga panas. Jika sudah tidak terlalu panas, Anda bisa mengoleskan campuran minyak ini pada dada dan punggung bagian atas.

Sangat penting bagi penderita asma untuk mengetahui tentang pengobatan alternatif yang dapat mengobati asma. Beberapa bahan alami ini aman untuk disimpan sebagai kotak P3K saat serangan asma terjadi kemudian. Faktor penting dalam mengonsumsi obat asma alami adalah memperhatikan apakah ada bahan alami yang menyebabkan reaksi alergi. Karena alergi makanan adalah salah satu penyebab serangan asma. Bukannya menyembuhkan asma, malah semakin parah. Selain mencoba mengobatinya, ada baiknya mengetahui penyebab dan pemicu serangan asma agar bisa dihindari. Tapi mencegah lebih baik daripada mengobati !