Jerawat Meradang - Cara Cepat Menghilangkan Jerawat, Jerawat Batu, Obat Jerawat | Kelas Adsense

Jerawat Meradang – Cara Cepat Menghilangkan Jerawat, Jerawat Batu, Obat Jerawat

Jerawat adalah penyakit peradangan kronis pada kelenjar sebaceous yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah pada kulit wajah. Selain di wajah, jerawat bisa tumbuh atau muncul di bagian tubuh lainnya, seperti bahu, lengan atas, dada, dan punggung. Saat jerawat muncul di wajah, seringkali tidak hanya menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman, tetapi juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Tak heran jika penelitian tentang cara menghilangkan jerawat atau cara mengobatinya menjadi banyak diminati.

Apalagi jika salah melakukan perawatan, jerawat bisa membuat wajah terlihat kusam bahkan ternoda flek hitam, termasuk jerawat. Perawatan jerawat secara konvensional dapat dilakukan, namun terkadang mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti kulit kering, kemerahan, dan iritasi. Hal ini juga mendorong banyak orang untuk mencari cara untuk mengobati jerawat secara alami.

TRENDING :  Jerawat Meradang - Cara Cepat Menghilangkan Jerawat, Jerawat Batu
TRENDING :  Cara Cepat menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah umum yang sering terjadi di kalangan remaja. Padahal, masalah ini bisa bertahan sampai seseorang bertambah tua. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami.

1. Putih telur

Putih telur mengandung enzim aktif lisozim sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Cara memisahkan putih telur dari kuning telur dan mencampurnya dengan jus lemon. Oleskan pada wajah seperti masker, lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Putih telur juga bisa digunakan sebagai pengobatan jerawat alami. Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur juga praktis. Pisahkan putih telur dari kuning telur, lalu oleskan gel putih telur pada kulit yang terkena jerawat dan bekas jerawat. Tunggu beberapa menit hingga masker mengering dan kulit menjadi kencang. Kemudian, bilas hingga bersih.

TRENDING :  Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat
TRENDING :  Cara Cepat Menghilangkan Bekas Luka

2. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung polifenol yang berperan sebagai penolak jerawat pada kulit. Jika Anda menggunakannya secara rutin, bahan alami ini mampu menghilangkan jerawat secara tuntas. Anda bisa melakukannya dengan memakai masker gel lidah buaya, lalu diamkan selama setengah jam. Kemudian bilas dengan air bersih. Manfaat lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. Perawatan jerawat alami ini mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam kayu manis, fenol dan belerang yang membantu mengatasi masalah kulit. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya bisa dengan mengoleskan gel lidah buaya murni yang banyak tersedia di pasaran. Atau kerok gel dari daun lidah buaya dan oleskan ke kulit yang berjerawat. Gunakan bahan alami ini sekali atau dua kali sehari.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung zat belerang yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya potong bawang putih menjadi kecil-kecil, lalu tempelkan pada bekas jerawat atau bekas jerawat. Biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Jus lemon

Lemon memiliki kandungan asam askorbat yang tinggi dan efektif dalam membersihkan jerawat yang membandel. Caranya adalah dengan mengoleskan jus lemon ke wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

5. Mentimun

Mentimun kaya akan antioksidan, vitamin dan asam amino di dalamnya. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat alami. Oleskan masker mentimun ke wajah selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

6. Madu

Siapa yang tidak tahu khasiat baik yang terkandung dalam madu? Bahan alami ini bisa digunakan sebagai penghilang jerawat alami. Caranya adalah dengan mengoleskan madu pada wajah. Biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Madu dipercaya memiliki sifat antibakteri. Namun, untuk membantu menghilangkan jerawat, disarankan untuk menggunakan madu Manuka atau madu obat lainnya. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Madu Cukup mengoleskan bahan alami ini pada wajah yang terkena jerawat. Tunggu beberapa saat, lalu bilas wajah hingga bersih.

7. tomat

Tomat mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang membantu menghilangkan jerawat secara alami. Caranya adalah dengan mengoleskan tomat cincang secara merata ke seluruh wajah, lalu diamkan selama setengah jam. Kemudian bilas dengan air bersih.

8. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat. Gunakan pepaya sebagai masker wajah alami, biarkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air bersih.

9. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E yang dapat mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Caranya adalah dengan melunakkan buah alpukat kemudian mengoleskannya ke wajah sebagai masker. Anda bisa mencampurnya dengan madu. Biarkan selama setengah jam dan kemudian bilas dengan air bersih setelahnya.

10. Oleskan cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya adalah dengan mengoleskan cuka sari apel ke wajah dengan kapas, lalu diamkan selama lima menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Menurut Health Line, cuka sari apel dibuat dengan menumbuk apel dan memeras jusnya. Setelah mendapatkan jus apel, bakteri dan ragi akan ditambahkan untuk memulai proses fermentasi alkohol. Seperti jenis cuka lainnya, cuka sari apel dikenal karena kemampuannya melawan berbagai jenis bakteri dan virus. Cuka sari apel telah dilaporkan mengandung beberapa asam organik yang telah terbukti membunuh bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes. Secara khusus, asam suksinat dalam cuka sari apel telah terbukti menghambat peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan dapat mencegah munculnya jaringan parut. Selain itu, asam laktat telah terbukti menghilangkan bekas jerawat. Selanjutnya, cuka sari apel dapat membantu mencegah produksi sebum berlebih yang dapat menyebabkan jerawat.

Berikut cara menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan jerawat:

Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 3 sendok makan air (gunakan lebih banyak air untuk kulit sensitif)
Setelah membersihkan wajah Anda, oleskan cuka sari apel dan campuran air dengan lembut ke kulit Anda dengan bola kapas
Biarkan selama 5-20 detik, lalu bilas dengan air dan biarkan hingga kering
Ulangi proses ini sekali atau dua kali sehari sesuai kebutuhan
Penting untuk dicatat bahwa mengoleskan cuka sari apel ke kulit dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi, jadi harus selalu digunakan dalam jumlah kecil dan diencerkan dengan air.

11. Konsumsi makanan ataupun suplemen yang mengandung zat Seng

Seng adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan sel, produksi hormon, metabolisme, dan fungsi kekebalan tubuh. Penggunaan nutrisi ini juga merupakan salah satu solusi alami yang paling banyak dipelajari untuk jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan jerawat cenderung memiliki kadar seng yang lebih rendah dalam darah mereka daripada mereka yang memiliki kulit bersih. Cara menghilangkan jerawat secara alami bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa bahan perawatan tubuh yang populer. Selain tidak malas saat menjalani perawatan kulit, pemilik kulit berjerawat juga perlu menjaga pola hidup sehat.

12. Oleskan minyak pohon teh

Minyak pohon teh efektif untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan kulit. Cara menghilangkan jerawat dengan minyak pohon teh sangat mudah. Campurkan satu tetes minyak pohon teh dengan…
Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Celupkan kapas ke dalam campuran minyak dan oleskan ke jerawat. Gunakan perawatan jerawat alami dengan cara seperti ini sekali atau dua kali sehari.

13. Gunakan teh hijau

Kandungan antioksidan flavonoid dan tanin dalam teh hijau bermanfaat untuk membantu melawan peradangan dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) juga telah terbukti dapat melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat P. acnes. Cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan teh hijau sangatlah mudah. Rebus teh hijau dalam air mendidih selama tiga menit, lalu oleskan atau semprotkan ke wajah Anda saat dingin. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil terbaik, gunakan dua kali sehari.

14. Gunakan es batu

Es batu dapat membantu menghilangkan jerawat secara alami, terutama jenis jerawat yang meradang. Cara menghilangkan jerawat dengan es batu juga mudah. Yang harus Anda lakukan adalah membungkus es batu dengan handuk atau kain kecil. Kemudian oleskan pada area yang rawan jerawat.

15. Minum minyak ikan

Studi menunjukkan bahwa minum minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) dapat membantu membersihkan jerawat. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi produksi minyak, menjaga kelembapan kulit, dan mengurangi peradangan jerawat. Selain minum minyak ikan, Anda juga bisa mengonsumsi omega-3 dalam jumlah besar seperti kenari, biji chia, biji rami, salmon, sarden, teri, dan makarel.

16. Kurangi stres yang berlebihan

Cara lain untuk menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan mengurangi stres. Tingkat stres yang tinggi dapat memperburuk jerawat. Cobalah melakukan berbagai teknik relaksasi dan menjalani gaya hidup sehat untuk mengelola stres. “Yang terpenting, jangan memencet jerawat. Semakin dipencet, semakin sulit jerawatnya sembuh,” ujarnya.

Memiliki jerawat akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan cemas untuk menekannya. Namun, jika Anda melakukannya saat tangan kotor, kotoran yang menempel di tangan akan menyumbat pori-pori dan membuat jerawat semakin parah. Jika Anda tidak sabar untuk menggunakan bahan-bahan alami ini karena prosesnya yang panjang, Anda dapat meminta dokter kulit Anda untuk mencari solusi dan menguraikan langkah-langkah perawatan medis untuk menghilangkan jerawat.